Sunday 15 April 2012

KONSEP DIRI

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

            Konsep diri adalah kesadaran akan pandangan , pendapat, penilaian, dan sikap seseorang terhadap dirinya sendiri yang meliputi fisik, diri pribadi, diri keluarga, diri sosial juga etika. Konsep diri mulai terbentuk dan berkembang begitu manusia lahir. Soeitoe menyatakan konsep diri seseorang terbentuk dari pengalaman sendiri dari uraian yang diberikan oleh orang lain tentang dirinya. Pengalaman sendiri dan informasi dari lingkungan terintegrasi kedalam konsep diri. Konsep diri merupakan faktor bawaan tapi dibentuk dan berkembang melalui proses belajar yaitu dari pengalaman-pengalaman individu dalam interaksinya dengan orang lain. Individu dengan konsep diri yang tinggi lebih banyak memiliki pengalaman yang menyenangkan dari pada individu dengan konsep diri yang rendah.
            Pada hakikatnya konsep diri adalah semuaa persepsi kita terhadap aspek diri yang meliputi aspek fisik, aspek sosial dan aspek psikologis yang didasarkan pada pengalaaman dan interaksi kita dengan orang lain.
            Konsep merupakan bagian inti dari pengalaman individu yang secara perlahan-lahan dibedakan dan disimbolisasikan sebagai bayangan tentang diri yang mengatakan. Jadi, konsep diri adalah kesadaran batin yang tetap, mengenai pengalaman yang berhubungan dengan aku dan membedakan aku dari aku yang bukan aku.
            Sedangkan Harga diri, adalah merupakan penilaian individu terhadap kehormatan dirinya, yang diekspresikan melalui sikap terhadap dirinya yang sifatnya implisit dan tidak diverbalisasikkan.
            Harga diri itu sendiri mengandung arti suatu hasil penilaian individu terhadap dirinya yang diungkapkan dalam sikap-sikap yang dapat bersifat positif dan negatif.
            Harga diri memiliki beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu pengalaman, pola asuh, lingkungan dan sosial ekonomi. Sedangkan harga diri seseorang dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal.
            Harga diri sendiri ada juga memiliki apa yang dimaksud dengan harga diri rendah, yang dimaksud dengan harga diri rendah adalah keadaan dimana individu mengalami evaluasi diri yang negatif mengenai diri atau kemampuan diri. Dari pendapat-pendapat diatas dapat dibuat kesimpulan, harga diri rendah adalah suatu perasaan negatif terhadap diri sendiri, hilangnya kepercayaan diri,dan gagal mencapai tujuan yang diekspresikan secara langsung maupun tidak langsung, penurunan harga diri ini dapat bersifat situasional maupun kronis atau menahun.
            Sedangkan ideal diri adalah persepsi individu tentang bagaaimaanaa ia harus berprilaku dan mulai berkembang. Ideal diri sendiri terbentuk melalui proses identifikasi pada orang disekitarnya. Ideal diri sendiri membutuhkan penyesuaian diri dimana penyesuaian diri merupakan faktor yang penting dalam kehidupan manusia dan merupakan suatu proses dinamik terus menerus yang bertujuan untuk merubah kelakuan guna mendapatkan hubungan yang lebih serasi antara diri dan lingkungan.
            Yang duimaksud dengan gambaran diri adalah gambaran orang bentuk dan orang percayai tentang orang tersebut dan  gambaran diri sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor .
Jika gambaran diri mengalami perubahan maka yang berubah itu adalah sikap individu tubuhnya baik secra sadar maupun tidak sadar. Sikap ini mencakup persepsi dan perasaan tentang ukuran, bentuk, fungsi penampilan dan potensi tubuh saat ini dan masa lalu yang secara berkesinambungan dimodifikasi dengan pengalaman baru setiap individu.  Jadi kita harus mengubah pandangan terhadap diri sendiri. Jika kita tidak memulai menghargai diri kita, orang lain juga tidak akan menghargai kita. Terima keberadaan diri kita, jangan terpaku pada pendapat orang lain untuk membentuk gambar diri kita. Jadilah diri sendiri dan percaya bahwa kita adalah manusia unik ciptaan Tuhan yang diberi kemampuan dan kelebihan untuk dapat menjalani hidup ini dengan sukses. Dengan mempunyai gambar diri yang baik, kita memberi nilai yang tinggi kepada diri sendiri. Saat kita sudah melakukan hal ini, lihatlah bagaimana orang lain (juga kita sendiri) melihat diri secara lebih baik.
            Ada juga yang dimaksud dengan Identitas diri dimana identitas diri merupakan  kesadaran akan diri sendiri yang bersumber dari observasi dan penilaian yang merupakan sintesa dari semua aspek konsep diri sendiri sebagai satu kesatuan yang utuh.
            Dan yang terakhir adalah peran, dimana peran adalah pola perilaku,sikap,nilai dan aspirasi yang diharapkan individu Setiap individu disibukkan oleh berbagai macam peran yang terkait dengan posisinya pada setiap saat, selama ia masih hidup, misalnya peran sebagai anak, istri, suami, ayah, mahasisiwa, perawat, dokter,dosen,dll
            Atau Peran adalah suatu pola sikap, nilai dan tujuan yang diharapkan dari seseorang yang berdasarkan posisinya dimasyarakat. Sementara untuk posisi tersebut merupakan identifikasi dari status atau tempat seseorang dalam suatu sistim sosial dan merupakan perwujudan aktualisasi diri. Peran juga diartikan sebagai serangkaian perilaku yang diharapkan oleh lingkungan sosial berhubungan dengan fungsi individu dalam berbagai kelompok sosial.

1.2. TUJUAN PENULISAN
         
Konsep diri bertujuan agar kita Mempunyai penerimaan diri yang baik, kita  dapat Mengenal diri kita sendiri denagan dengan baik. Dapat memahami dan menerima fakta-fakta yang nyata tentang diri kita,. Mampu menghargai diri kita sendiri sendiri. Mengajarkan kita untuk  menerima dan memberikan pujian secara wajar. Mau memperbaiki diri kearah yang lebih baik lagi Dan kita dapat  menempatkan diri kita didalam lingkungan.
Sedangkan harga diri bertujuan agar kita dapat memahaami dan mengerti apa yang maksud dengan harga diri. Dimana mengetahui  penilaian tentang pencapaian diri dengan menganalisa seberapa jauh perilaku sesuai dengan ideal diri.
Dan juga dapat mengetahui bahwa Harga diri bukan merupakan faktor bawaan tetapi dapat dibangun / ditingkatkan melalui proses belajar melalui interaksi individu dengan lingkungan sekitarnya dalam bentuk umpan balik yang diterima dari orang-orang yang berarti bagi individu. Kemauan untuk mengevaluasi kembali kepercayaan seseorang tentang diri sendiri merupakan langkah awal terhadap pertumbuhan dalam menghargai dirinya.
Dan mengetahui hubungan prilaku harga diri baik secara subjektif maupun objektif. Ideal diri sendiri bertujuan Agar individu mampu berfungsi dan mendemonstrasikan kecocokan antara persepsi diri dan ideal diri. Ideal diri ini hendaknya ditetapkan tidak terlalu tinggi, tetapi masih lebih tinggi dari kemampuan agar tetap menjadi pendorong dan masih dapat dicapai.
Gambaran diri bertujuan untuk mengeksplorasi bagian tubuh individu sejak lahir supaya mampu, menerima stimulus dari orang lain, kemudian mulai memanipulasi lingkungan dan mulai sadar dirinya terpisah dari lingkungan. Gambaran diri ( Body Image ) berhubungan dengan kepribadian. Cara individu memandang dirinya mempunyai dampak yang penting pada aspek psikologinya. Pandangan yang realistis terhadap dirinya manarima dan mengukur bagian tubuhnya akan lebih rasa aman, sehingga terhindar dari rasa cemas dan meningkatkan harga diri.
Cintra diri dalam rencana masa depan dimana Gambaran diri dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain: kebutuhan, kepekaan tubuh dan bahasa tubuh, konflik yang dialami, kritik, motivasi, peran, perasaan, kepercayaan diri, prasangka, rasa takut, tingkah laku, dan umpan balik. Diaman faktor-faktor ini sangat berpengaruh dalam citra/gambaran diri.
Identitas diri secara individu dapat ditandai dengan Memandang dirinya secara unik, Merasakan dirinya berbeda dengan orang lain, Merasakan otonomi yang meliputi menghargai diri, percaya diri, mampu diri, menerima diri dan dapat mengontrol diri. Mempunyai persepsi tentang gambaran diri, peran dan konsep diri.
Peran bertujuan untuk berbagai macam peran, seperti guru, perawat, dosen dll. Dan juga untuk mengetahui suatu pola sikap, nilai dan tujuan yang diharapkan dari seseorang yang berdasarkan posisinya dimasyarakat.

1.3. MANFAAT PENULISAN

1.                  Dengan kita mempelajari Konsep diri kita dapat mengetahui Hal-hal yang berhubungan dengaan kualitas dan ablilitas yang memainkan peranan penting dalam penyesuaian dalam kehidupan, seperti keberanian, kejujuran,kemandirian, kepercayaan diri, aspirasi dan kemampuan diri dari tipe-tipe yang berbeda.
2.                  Kita juga dapat mempelajari tentang karakteristik seseorang yang mempunyai konsep diri secara postif  maupun negative.
3.                  Kita juga dapat memahami semua hal yang mempelajari konsep diri.
4.                  Memberi pengetahuan tentang Konsep psikologi
5.                  Dengan mempelajari Harga diri kita dapat bagaimana cara meningkatkan harga diri.
6.                  Kita akan dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi harga diri, yang mempengaruhi harga diri dan mengetahui faktor-faktor harga diri yang ada pada diri seseorang.
7.                  Memberi pengetahuan tentang pengertian harga diri rendah, tanda dan gejala harga diri dan hal yang menyebabkan terjdinya harga diri rendah.
8.                  Mengetahui bahwa individu mampu berfungsi dan mendemonstrasikan kecocokan antara persepsi diri dan ideal diri dan Ideal diri ini hendaknya ditetapkan tidak terlalu tinggi, tetapi masih lebih tinggi dari kemampuan agar tetap menjadi pendorong dan masih dapat dicapai.
9.                  Mengetahuai apa yang dimaksud dengan gambaran diri.
10.              Kita bisa mengtahui Banyak Faktor dapat yang mempengaruhi gambaran diri seseorang, seperti, munculnya Stresor yang dapat menggangu integrasi gambaran diri. Stresor-stresor tersebut dapat berupa.
11.              Mengetahui Hal-hal penting yang terkait dengan perubahan gambaran diri.
12.              Banyak mengetahui Faktor dapat yang mempengaruhi gambaran diri seseorang, seperti, munculnya Stresor yang dapat menggangu integrasi gambaran diri.13
13.              Kita juga dapat mengetahui bahwaManusia adalah ciptaan Tuhan yang terbaik, tersempurna, teristimewa, dan terunik. Namun, kadang-kadang kita tidak sadar akan nilai diri kita. Sering kali kita salah berpikir seperti “Saya adalah seperti yang orang lain katakan tentang saya” ,. Citra diri atau gambar diri yang tidak benar akan membuat kita tidak menjadi manusia yang utuh serta menghambat hubungan kita dengan sesama. Padahal sebagai makhluk sosial, kita harus berinteraksi dengan makhluk hidup yang lain.
14.              Mengetahui bahwa  Nilai diri kita berkaitan erat dengan cara kita memandang diri sendiri dan bagaimana kita berpikir tentang penilaian orang lain terhadap diri kita. Kadang kita terlalu terpaku pada pendapat umum. Misalnya pendapat bahwa anak yang patut dibanggakan adalah anak yang mempunyai prestasi belajar di bidang akademis, padahal prestasi dapat diperoleh dari bidang-bidang lainnya; seperti seni atau olahraga.
15.              Kita akan mengetahui bahwa Gambaran diri dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain: kebutuhan, kepekaan tubuh dan bahasa tubuh, konflik yang dialami, kritik, motivasi, peran, perasaan, kepercayaan diri, prasangka, rasa takut, tingkah laku, dan umpan balik.
16.              Dapat mengetahui Kebutuhan Setiap manusia yang ingin hidup dalam keadaan nyaman dan tentram, seimbang antara jasmaniah dan rohaniah.
17.              Memberikan pengetahuan terhadap Kepekaan Tubuh dan Bahasa Tubuh.
18.              Dapat mengetahui bahwa Karakteristik identitas diri dapat dimunculkan dari prilaku dan perasaan seseorang dan Penggolongan atau klasifikasi gangguan kepribadian. Gambar diri adalah gambaran yang kita bentuk dan kita percayai tentang diri kita.
19.              Disini kita dapat mempelajari tentang pengertian peran, penampilan peran, faktor-faktor penyesuaian peran.
20.              Kita dapat mengetahui apaa yang dimaksud dengan perubahan peran, tanda dan gejala, konflik peran dan terakhir transisi peran.

1.4. METODE PENULISAN
         
Tugas ini diselasaikan dengan metode pengumpulan data dari berbagai macam sumber yang relevan dengan materi ini.
BAB II
PEMBAHASAN KONSEP DIRI

2.1.  PENGERTIAN KONSEP DIRI

Menurut  Para Ahli adalah sebagai berikut :
a.       Menurut Burns (dalam Pudjijogyanti, 1993)
Konsep diri adalah hubungan antara sikap dan keyakinan tentang diri kita sendiri.

b.             Menurut Rini (dalam Pudjijogyanti 2004)
Konsep diri diartikan keyakinan, pandangan atau penilaian seseorang terhadap dirinya.

c.       Menurut Cawagas (dalam Pudjijogyanti, 1993)
Konsep diri mencangkup seluruh pandangan individu akan dimensi fisik, karakteristik pribadi, motivasi, kelemahan, kepandaian, kegagalan dan lain sebagainya..

d.      Menurut William D Brooks (dalam Rahmat, 2003)
      Konsep diri sebagai “ those physical, social, and psychological perceptions of ourselves that we have derived from experiences and our interaction with others”. Jadi, konsep diri adalah pandangan perasaan tentang diri kita. Persepsi tentang diri ini boleh bersifat psikologi, sosial dan fisik.

e.       Menurut Pietrosefa (2002)
      Pietrosefa memberikan gambaran mengenai konsep diri yang diadaptasikan oleh Mappiarre yaitu ;
1.                  Dimensi Pertama Citra Diri, yaitu diri dilihat oleh diri sendiri
2.                  Dimensi Kedua Ctra Diri, yaitu dilihat oleh orang lain, persepsi orang lain terhadap dirinya..
3.                  Dimensi Ketiga Citra Diri, yaitu diri mengacu pada tipe-tipe orang yang saya kehendaki tentang diri saya (ideal self).

f.       Menurut Hurlock (1999)
            Konsep diri menyangkut gambaran fisik dan psikologis. Aspek fisik berkaitan dengan tampang atau penampakan lahiriah (appearance) anak, yang menyangkut kemenarikan dan ketidak menarikan diri dan cocok atau tidaknya jenis kelamin dan  pentingnya bagian-bagian tubuh berbeda serta prestise yang ada pada dirinya.
Sedangkan Konsep diri yang bersifat psikologis berdasarkan pikiran, perasaan dan emosional. Hal ini berhubungan dengaan kualitas dan abilitas yang memainkan peranan penting dalam penyesuaian dalam kehidupan, seperti keberanian, kejujuran, kemandirian, kepercayaan diri, aspirasi dan kemampuan diri dari tipe-tipe yang berbeda, yaitu:
1.                  Konsep diri merupakan gambaran yang dimiliki individu tentang dirinya, meliputi karakteristik fisik, sosial, psikologis, emosional, aspirsi daan prestasi ( Hurlock).
2.                  Konsep diri adalah pandangan dan perasaan individu tentang dirinya sendiri yang dapat bersifat psikiologis, sosial dan fisik (Brooks).
3.                  Konsep diri adalah pengetahuan dan evaluasi terhadap diri sendiri yang diperoleh melalui pengalaman dari interaksi dengan orang lain (burns).

Konsep diri mulai terbentuk dan berkembang begitu manusia lahir. Soeitoe menyatakan konsep diri seseorang terbentuk dari pengalaman sendiri dari uraian yang diberikan oleh orang lain tentang dirinya. Pengalaman sendiri dan informasi dari lingkungan terintegrasi kedalam konsep diri.
Konsep diri merupakan faktor bawaan tapi dibentuk dan berkembang melalui proses belajar yaitu dari pengalaman-pengalaman individu dalam interaksinya dengan orang lain. Individu dengan konsep diri yang tinggi lebih banyak memiliki pengalaman yang menyenangkan dari pada individu dengan konsep diri yang rendah.
Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa konsep diri adalah kesadaran akan pandangan , pendapat, penilaian, dan sikap seseorang terhadap dirinya sendiri yang meliputi fisik, diri pribadi, diri keluarga, diri sosial juga etika.
2.2.  KOMPONEN KONSEP DIRI

Komponen-komponen konsep diri menurut Hurlock (1976) antara lain :
a.       The Perceptual Component
Gambaran dan kesan seseorang tentang penampilan tubuhnya dan kesan yang dibuat pada orang lain atau sering disebut konsep diri fisik. Tercangkup didalamnya gambaran yang dipunyai seseorang tentang daya tarik tubuhnya (attractiveness) dan keserasian jenis kelamin (sex apporiateness). Komponen ini sering disebut physical self concept.

b.      The Conseptual Component
Pandangan  tentang karakteristik yang berbeda dengan orang lain baik tentang dengan kemampuan dan kekurangnya serta disusun dari kualitas penyesuaian  hidupnya tentang kepercayaan diri tergantung keberanian, kegagalan dan kelemahan. Komponen ini sering disebut psychological self concept.

c.       The Attitudinal Component
Perasaan tentang kebangaan dan rasa malunya. Yang termasuk dalam komponen ini adalah keyakinan nilai, aspirasi dan komitmen yang membentuk dirinya.

Sedangkan menurut Pudjijogyanti (1988), Komponen-komponen konsep diri ada dua yaitu :
1.      Komponen Kognitif
Komponen kognitif merupakan pengetahuan individu tentang keadaan dirinya. Misalnya “ saya anak bodoh “ atau “ siapa saya “. Jadi komponen kognitif merupakan penjelasan dari “siapa saya” yang akan member gambaran tentang diri saya. Gambaran diri ( self-picture ) tersebut akaan membentuk citra diri ( self-image ).

2.      Komponen Afektif    
Komponen afektif merupakan penilaian individu terhadap diri. penilaian tersebut akan membentuk penerimaan terhadap diri ( self acceptance ), serta harga diri ( self-esteem) individu.
2.3.  CIRI – CIRI KONSEP DIRI YANG POSITIF DAN                   NEGATIF

Menurut William D.Brooks (dalam Rahkmat, 2005:105) bahwa dalam menilai    dirinya   seseorang    ada  yang   menilai   positif  dan   ada  yang   menilai negatif. Maksudnya individu tersebut ada yang mempunyai konsep diri yang positif   dan   ada   yang   mempunyai      konsep    diri  yang   negatif. 
Tanda-tanda  individu yang memiliki konsep diri yang positif adalah :
a.       Ia yakin akan kemampuan dalam mengatasi masalah.  Orang ini mempunyai rasa percaya diri sehingga merasa mampu dan yakin untuk    mengatasi    masalah    yang   dihadapi,   tidak   lari  dari  masalah,   dan percaya bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.
b.      Ia merasa setara dengan orang lain.  Ia   selalu  merendah      diri,  tidak sombong,      mencela    atau   meremehkan  siapapun, selalu menghargai orang lain.
c.       Ia menerima pujian tanpa rasa malu. Ia menerima pujian tanpa rasa malu tanpa menghilangkan rasa merendah  diri,   jadi   meskipun   ia   menerima   pujian   ia   tidak   membanggakan   dirinya apalagi meremehkan orang lain.
d.      Ia   menyadari    bahwa     setiap  orang  mempunyai       berbagai    perasaan    dan keinginan serta perilaku yang tidak seharusnya disetujui oleh masyarakat. Ia peka terhadap perasaan orang lain sehingga akan menghargai perasaan orang lain meskipun kadang tidak di setujui oleh masyarakat.
e.       Ia   mampu   memperbaiki   karena  ia   sanggup   mengungkapkan   aspek-aspek kepribadian tidak disenangi dan berusaha mengubahnya.  Ia     mampu        untuk      mengintrospeksi         dirinya      sendiri     sebelum menginstrospeksi   orang   lain,   dan   mampu   untuk   mengubahnya   menjadi lebih baik agar diterima di lingkungannya. Dasar   konsep   diri   positif   adalah   penerimaan   diri.   Kualitas   ini   lebih mengarah kekerendahan hati dan kekedermawanan dari pada keangkuhan dan keegoisan. Orang yang mengenal dirinya dengan baik merupakan orang yang mempunyai konsep diri yang positif.


Menurut hamachek (dalam Rahmat, 2000) menyebutkan 11 karakteristik orang yang mempunyai konsep diri positif :
1.      Meyakini betul nilai-nilai dan prinsip-prinsip tertentu serta bersedia mempertahankannya, walaupun menghadapi pendapat kelompok yang kuat. Tapi ia juga merasa dirinya cukup tangguh untuk merubah prinsip-prinsip itu bila pengalaman dan bukti-bukti baru menunjukkan ia salah.
2.      Mampu bertindak berdasarkan penelitian yang baik tanpa merasa bersalah yang berlebih-lebihan atau menyesali tindakannya jika orang lain tidak menyetujui tindakannya.
3.      Tidak menghabiskan waktu yang tidak perlu untuk mencemaskan apa yang terjadi besok, apa yang telah terjadi waktu yang lalu dan apa yang sedang terjadi waktu sekarang.
4.      Memiliki keyakinan pada kemampuannya untuk mengatasi persoalan, bahkan ketika ia akan menghadapi kegagalan atau kemunduran.
5.      Merasa sama dengan orang lain, sebagai manusia tidak tinggi atau rendah, walaupun terdapat perbedaan dalam kemampuan tertentu, latar belakang keluarga atau sikap orang lain terhadapnya.
6.      Sanggup menerima dirinya sebagai orang penting dan benilai bagi orang lain, paling tidak bagi orang-orang yang ia pilih sebagai sahabatnya.
7.      Dapat menerima pujian tanpa berpuar-pura rendah hati dan menerima penghargaan tanpa merasa bersalah.
8.      Cenderung menolak usaha orang lain untuk mendominasinya.
9.      Sanggup mengaku kepada orang lain bahwa ia mampu merasa berbagai dorongan dan keinginan, dari persaan marah sampai cinta, dari sedih sampai bahagia, dari kekecewaan yang mendalam sampai kepuaasan yang mendalam pula.
10.  Mampu menikmati dirinya secara utuh dalam berbagai kegiatan yang meliputi pekrjaan, permainan, ungkapan diri yang kreatif, persahabatan atau sekedar mengisi waktu.
11.  Peka pada kebutuhan orang lain, pada kebiasaan sosial yang telah diterima dan terutama sekali pada gagasan bahwa ia tidak bisa bersenang-senang dengan mengorbankan orang lain.

Sedangkan tanda-tanda    individu    yang   memiliki    konsep    diri  negatif menurut William D.Brooks (dalam Rahkmat, 2005:105) adalah :
a.       Ia peka terhadap kritik. Orang   ini   sangat   tidak   tahan   kritik  yang   diterimanya   dan   mudah   marah atau naik pitam, hal ini berarti dilihat dari faktor yang mempengaruhi dar individu tersebut belum dapat mengendalikan emosinya, sehingga kritikan dianggap     sebagi   hal  yang    salah.  Bagi  orang   seperti   ini   koreksi   sering  dipersepsi     sebagai    usaha    untuk   menjatuhkan        harga    dirinya.   Dalam berkomunikasi   orang    yang    memiliki    konsep      diri  negatif   cenderung menghindari dialog    yang    terbuka,    dan    bersikeras    mempertahankan pendapatnya dengan berbagai logika yang keliru.
b.      Ia responsif sekali terhadap pujian.  Walaupun   ia   mungkin   berpura-pura   menghindari   pujian,   ia   tidak   dapat menyembunyikan          antusiasmenya      pada   waktu     menerima       pujian.  Buat orang    seperti  ini,  segala   macam   embel-embel       yang    menjunjung     harga  dirinya    menjadi     pusat   perhatian.    Bersamaan      dengan     kesenangannya terhadap pujian, merekapun hiperkritis terhadap orang lain.
c.       Ia cenderung bersikap hiperkritis.  Ia  selalu   mengeluh,     mencela    atau  meremehkan        apapun    dan   siapapun. Mereka tidak pandai dan tidak sanggup mengungkapkan penghargaan atau pengakuan pada kelebihan orang lain.
d.      Ia cenderung merasa tidak disenangi oleh orang lain. Ia   merasa   tidak   diperhatikan,   karena  itulah   ia   bereaksi  pada   orang   lain  sebagai     musuh,     sehingga     tidak   dapat    melahirkan      kehangatan      dan  keakraban persahabatan, berarti individu tersebut merasa rendah diri atau bahkan   berperilaku   yang   tidak   disenangi,   misalkan   membenci,   mencela  atau     bahkan     yang     melibatkan       fisik   yaitu    mengajak       berkelahi (bermusuhan).
e.       Ia bersikap psimis terhadap kompetisi. Hal ini terungkap dalam keengganannya untuk bersaing dengan orang lain  dalam     membuat      prestasi.   Ia  akan    menganggap       tidak   akan    berdaya melawan persaingan yang merugikan dirinya.

2.4.  PEMBENTUKAN KONSEP DIRI

Konsep diri tidak dibawa sejak lahir tetapi secara bertahap sedikit demi sedikit timbul sejalan dengan berkembangnya kemampuan persepsi individu. Konsep diri manusia terbentuk melalui proses belajar sejak masa pertumbuhan seseorang dari kecil hingga dewasa. Bayi  yang baru lahir tidak memiliki konsep diri karena tidak dapat membedakan antara dirinya dengan lingkungannya.
Menurut Allport (dalam skripsi Darmayekti, 2006), bayi yang baru lahir tidak mengetahui tentang dirinya.
Rahmat (2000), menjelaskan bahwa konsep diri bukan hanya sekedar gambaran deskriptif, tapi juga penilaian diri anda tentang diri anda. Jadi konsep diri meliputi apa yang anda pikirkan dan apa yang anda rasakan tentang diri anda. Adanya proses perkembangan konsep diri menunjukkan bahwa konsep diri seseorang tidak lansung dan menetap, tetapi merupakan suatu keadaan yang mempunyai proses pembentukan dan masih dapat berubah.
Konsep diri terbentuk melalui proses belajar sejak masa pertumbuhan seorang manusia dari kecil hingga dewasa. Lingkungan, pengalaman dan pola asuh orang tua turut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap konsep diri yang terbentuk.
Sikap atau respon orang tua dan lingkungan akan menjadi bahan informasi bagi anak untuk menilai siapa dirinya. Oleh karna itu, sering kali anak-anak yang tumbuh dan dibesarkan dalam pola asuh yang keliru dan negative atau pun lingkunganya yang kurang mendukung, cenderung mempunyai konsep diri yang negative.
Hal ini disebabkan sikap orang tua yang misalnya : suka memukul, mengabaikan, kurang memperhatikan, melecehkan, menghina, bersikap tidak adil, tidak pernah memuji, suka marah-marah dsb. Hal ini dianggap sebagai hukuman akibat kekurangan , kesalahan atau pun kebodohan dirinya.
Jadi anak menilai dirinya berdasarkan apa yang dia alami dan dapatkan dari lingkungan. Jika lingkungan memberikan sikap yang baik dan positif, maka anak akan merasa dirinya cukup berharga sehingga tumbuhlah konsep diri yang positif.
Konsep ini mempunyai sifat yang dinamis, artinya tidak luput dari perubahan. Ada aspek-aspek yang bisa bertahan dalam jangka waktu tertentu, namun ada pula yang mudah sekali berubah sesuai dengan situasi sesaat. Misalnya, seorang merasa dirinya pandai dan selalu berhasil mendapatkan nilai baik, namun suatu ketika dia mendapat angka merah. Biasanya saja jadi merasa “bodoh”, namun karena dasar keyakinan yang positif, ia berusaha memperbaiki nilai.


2.5.  SIKAP ORANG TUA YANG NEGATIF

Adapun sikap orang tua yang negative adalah sebagai berikut :
1.      Kenakalan orang tua dalam ikatan keluarga
Contohnya seperti : Suka berkata kasar, suka menhujat, memaki, mengajari anak untuk melakukan perlawanan ketika anak diganggu orang lain, suka menyakiti anak secara fisik dan psikis, merokok seenaknya didepan anak-anak, masalah akhlak dll.

2.      Kenakalan orang tua di masyarakat
Contoh seperti : Menciptakan suasana yang tidak produktif (bapak-bapaknya), misalnya waktu pagi, siang dan malam suka nongkrong sambil main  gaple atau main catur, walau tidak pakai uang, ini sama saja artinya tidak menjaga kehormatan diri, apalagi kehormatan keluarganya (istri dan anak-anaknya). Sedangkan yang ibu-ibunya sukaa ngumpul sambil menghiba atau memfitnah, menhambur-hamburkan uang dengan gaya hidup yang konsmtif yaitu di mall atau supermarket dan bergaya hidup mewah. Menyediakan sarana kemaksiatan, ini misalnya, jadi Bandar narkoba, jadi Bandar judi, menyediakan tempat hiburaan (diskotik).
Pendidikan yang lalai, ini ini bisa kita lihat di sekolah atau di kampus, padahal lembaga pendidikan adalah tempat yang aman untuk menimba ilmu pen getahuan atau belajar, tapi kenyataannya banyak pendidikan yang memberikan contoh yang tidak baik pada anak didiknya, misalnya melakukan perbuatan asusila, menganiaya anak didiknya secara fisik, menjual ilmu demi keuntungan materi atau sering melakukan dosa pendidikan. Menjadi pemilik media massa (baik cetak maupun elektronik : Koran, majalah, tabloid, radio, televisi, dan juga internet).


3.      Kenakalan orang tua di pemerintah
Contoh seperti : Suka korupsi, mengambil kebijakan menaikkan biaya pendidikan, menaikkan harga BBM, mahalnya biaya kesehatan, suka membuat janji-janji tapi lalu melupakannya, suka melakukan pungli atau suap-menyuap.
Suka melanggengkan kemaksiatan, member izin untuk usaha prostitusi/lokalisasi, perjudian, tempat diskotik, pabrik minuman keras denagn dalih besar pemasukannya.
Menutup mata terhadap problem yang diakibatkan usaha prostitusi, perjudian, narkoba, peredaran minuman keras, diskotik dll. Menerapkan aturan kehidupan yang tidak benar dan tidak baik, yakni Kapitalisme-Sekularisme (termasuk juga Sosialisme-Komunisme).


2.6.   FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI   KONSEP DIRI

Menurut Stuart dan Sudeen ada beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan konsep diri. Faktor-foktor tersebut terdiri dari teori perkembangan, Significant Other (orang yang terpenting atau yang terdekat) dan Self Perception (persepsi diri sendiri).
1.      Teori perkembangan.
Konsep diri belum ada waktu lahir, kemudian berkembang secara bertahap sejak lahir seperti mulai mengenal dan membedakan dirinya dan orang lain. Dalam melakukan kegiatannya memiliki batasan diri yang terpisah dari lingkungan dan berkembang melalui kegiatan eksplorasi lingkungan melalui bahasa, pengalaman atau pengenalan tubuh, nama panggilan, pangalaman budaya dan hubungan interpersonal, kemampuan pada area tertentu yang dinilai oleh diri sendiri atau masyarakat serta aktualisasi diri dengan merealisasi potensi yang nyata.
2.      Significant Other ( orang yang terpenting atau yang terdekat )
Dimana konsep diri dipelajari melalui kontak dan pengalaman dengan orang lain, belajar diri sendiri melalui cermin orang lain yaitu dengan cara pandangan diri merupakan interprestasi diri pandangan orang lain terhadap diri, anak sangat dipengaruhi orang yang dekat, remaja dipengaruhi oleh orang lain yang dekat dengan dirinya, pengaruh orang dekat atau orang penting sepanjang siklus hidup, pengaruh budaya dan sosialisasi.
3.      Self Perception ( persepsi diri sendiri )
Yaitu persepsi individu terhadap diri sendiri dan penilaiannya, serta persepsi individu terhadap pengalamannya akan situasi tertentu. Konsep diri dapat dibentuk melalui pandangan diri dan pengalaman yang positif. Sehingga konsep merupakan aspek yang kritikal dan dasar dari prilaku individu. Individu dengan konsep diri yang positif dapat berfungsi lebih efektif yang dapat berfungsi lebih efektif yang dapat dilihat dari kemampuan interpersonal, kemampuan intelektual dan penguasaan lingkungan. Sedangkan konsep diri yang negatif dapat dilihat dari hubungan individu dan sosial yang terganggu.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembentukan dan perkembangan konsep diri, antara lain:
a.       Usia
           Konsep diri terbentuk seiring dengan bertambahnya usia, dimana perbedaan ini lebih banyak berhubungan dengan tugas-tugas perkembangan. Pada masa kanak-kanak, konsep diri seseorang menyangkut hal-hal disekitar diri dan keluarganya. Pada masa remaja, konsep diri sangat dipengaruhi oleh teman sebaya dan orang yang dipujanya. Sedangkan remaja yang kematangannya terlambat, yang diperlakukan seperti anak-anak, merasa tidak dipahami sehingga cenderung berperilaku kurang dapat menyesuaikan diri. Sedangkan masa dewasa konsep dirinya sangat dipengaruhi oleh status sosial dan pekerjaan, dan pada usia tua konsep dirinya lebih banyak dipengaruhi oleh keadaan fisik, perubahan mental maupun sosial (Syaiful, 2008).
b.      Inteligensi
          Inteligensi mempengaruhi penyesuaian diri seseorang terhadap lingkungannya, orang lain dan dirinya sendiri. Semakin tinggi taraf intreligensinya semakain baik penyesuaian dirinya dan lebih mampu bereaksi terhadap rangsangan lingkungan atau orang lain dengan cara yang dapat diterima. Hal ini jelas akan meningkatkan konsep dirinya, demikian pula sebaliknya (Syaiful, 2008).
c.       Pendidikan
          Seseorang yang mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi akan meningkatkan prestisenya. Jika prestisenya meningkat maka konsep dirinya akan berubah (Syaiful, 2008).
  1. Status Sosial Ekonomi
Status sosial seseorang mempengaruhi bagaimana penerimaan orang lain terhadap dirinya. Penerimaan lingkungan dapat mempengaruhi konsep diri seseorang. Penerimaan lingkungan terhadap seseorang cenderung didasarkan pada status sosial ekonominya. Maka dapat dikatakan individu yang status sosialnya tinggi akan mempunyai konsep diri yang lebih positif dibandingkan individu yang status sosialnya rendah.Hal ini didukung oleh penelitian Rosenberg terhadap anak-anak dari ekonomi sosial tinggi menunjukkan bahwa mereka memiliki konsep diri yang tinggi dibandingkan dengan anak-anak yang berasal dari status ekonomi rendah. Hasilnya adalah 51 % anak dari ekonomi tinggi mempunyai konsep diri yang tinggi. Dan hanya 38 % anak dari tingkat ekonomi rendah memiliki tingkat konsep diri yang tinggi (dalam Skripsi Darmayekti, 2006:21).
  1. Hubungan Keluarga
Seseorang yang mempunyai hubungan yang erat dengan seorang anggota keluarga akan mengidentifikasikan diri dengan orang lain dan ingin mengembangkan pola kepribadian yang sama. Bila tokoh ini sesama jenis, maka akan tergolong untuk mengembangkan konsep diri yang layak untuk jenis seksnya.
  1. Orang Lain
Kita mengenal diri kita dengan mengenal orang lain terlebih dahulu. Bagaimana anda mengenal diri saya, akan membentuk konsep diri saya. Sullivan (dalam Rakhmat, 2005:101) menjelaskan bahwa individu diterima orang lain, dihormati dan disenangi karena keadaan dirinya, individu akan cenderung bersikap menghormati dan menerima dirinya. Sebaliknya, bila orang lain selalu meremehkan dirinya, menyalahkan dan menolaknya, ia akan cenderung tidak akan menyenangi dirinya.
Miyamoto dan Dornbusch (dalam Rakhmat, 2005:101) mencoba mengkorelasikan penilaian orang lain terhadap dirinya sendiri dengan skala lima angka dari yang palin jelek sampai yang paling baik. Yang dinilai adalah kecerdasan, kepercayaan diri, daya tarik fisik, dan kesukaan orang lain terhadap dirinya. Dengan skala yang sama mereka juga menilai orang lain. Ternyata, orang-orang yang dinilai baik oleh orang lain, cenderung memberikan skor yang tinggi juga dalam menilai dirinya. Artinya, harga diri sesuai dengan penilaian orang lain terhadap dirinya.
  1. Kelompok Rujukan (Reference Group)
Yaitu kelompok yang secara emosional mengikat individu, dan berpengaruh terhadap perkembangan konsep dirinya.

2.7.  CARA MENGUBAH KONSEP DIRI
2.7.1.  Cara membina /merubah konsep diri:
  1. Menemukan hal2 positif & negatif pada dirinya
  2. Terbuka menerima pandangan orang lain mengenai dirinya
  3. Menggunakan kesempatan agar bisa mengemukakan perasaan , pikiran dan rencana
  4. Menghargai usaha/hasil karya sendiri
  5. Menggunakan seluruh kekuatan /kemampuan untuk meningkatkan keberhasilan dalam menghadapi lingkungan
  6. Menciptakan lingkungan /suasana yang aman, menyenangakan dn menimbulkan kepercayaan penuh untuk menanggulangi persoalan.
2.7.2.  Salah satu cara membuka diri( T. Jendela Johari)
  1. Bagian yang terbuka dari diri kita (positif/negatif) berdasarkan pendangan sendiri maupun orang lain
  2. bagian yang tersembunyi dari diri kita (Positif/Negatif) yang disembunyikan, sehingga orang lain tidak dapat melihatnya ( misalnya sikap curiga, penakut )
  3. Bagian terlena dari diri kita ( positif/negatif) yang tidak disadari , tetapi orang lain dapat melihatnya.. Misanya Terlalu membanggakan diri, kurang memperhatikan perasaan orang lain.
  4. Bagian yang tidak dikenal oleh diri sendiri/orang lain, yaitu hal-hal yang tidak disadari lagi tetapi mempengaruhi tindakannya dalam hubungannya dengan orang lain.
Untuk membentuk Konsep Diri menjadi lebih baik lagi, maka lebih dulu Anda harus mengetahui hal apa yang mempengaruhi Konsep Diri. Anda harus tahu bahwa konsep diri dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu:
  1. Cita-cita Diri
Cita-cita Diri adalah keinginan untuk mencapai sesuatu tujuan / keinginan pribadi, dan itu sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar Anda, orang tua, teman ataupun tetangga. Hal ini biasanya akan sangat kuat pengaruhnya terhadap Anda di masa depan. Seringkali terjadi bahwa cita-cita diri Anda bukanlah merupakan cita-cita pribadi Anda. Tetapi karena itu sudah terjadi dan Anda jalani saat ini, tidaklah mungkin mengubah secara fisik apa yang saat ini sudah terjadi. Misalnya, Anda tidak ada cita-cita untuk menjadi seorang dokter, tetapi karena orang tua Anda sangat menginginkan punya anak seorang dokter, maka akhirnya di dalam perjalanan pendidikan Anda sudah terarah untuk menjadi dokter, dan menjadi kenyataannya sekarang. Nah, ini tidak mungkin Anda ubah secara fisik. Anda pasti ya tetap menjadi seorang dokter, insinyur atau guru dan lainnya lagi.
  1. Citra Diri
            Bahwa kehidupan pribadi seseorang sangat dipengaruhi oleh sesuatu yang lebih prinsip, sesuatu dari dalam diri seseorang yang  diyakini, yaitu Citra Diri. Citra Diri sebenarnya adalah “Konsepsi diri sendiri mengenai seperti apakah diri kita sebenarnya”.
  1. Harga Diri
Pengertian Harga Diri menurut beberapa ahli:
*      Coopersmith (1967) dan Walgito (1991) merupakan suatu proses penilaian yang dilakukan oleh seseorang terhadap dirinya sendiri. Karena berkaitan dengan dirinya sendiri, penilaian tersebut biasanya mencerminkan penerimaan atau penolakan terhadap dirinya, menunjukkan seberapa jauh individu percaya bahwa dirinya mampu, penting, berhasil serta berharga.
*      Menurut Branden (1987) harga diri merupakan aspek kepribadian yang paling penting dalam proses berpikir, tingkat emosi, keputusan yang diambil, nilai-nilai yang dianut serta penentuan tujuan hidup. Harga diri mencakup dua komponen yaitu perasaan akan kompetensi pribadi dan perasaan akan penghargaan diri pribadi. Seseorang akan menyadari dan menghargai dirinya jika ia mampu menerima diri pribadinya.
*      Brehm dan Kassin (1990) menyatakan bahwa individu yang menilai dirinya baik umumnya bahagia, sehat, sukses, adaptif dalam situasi yang membuat stres. 
BAB III
PEMBAHASAN GAMBARAN DIRI

3.1.  GAMBARAN DIRI

3.1.1.  Pengertian Gambaran Diri

Menurut Robert Schuller memberikan definisi tentang gambar diri dengan berkata begini:“You are not what you think you are. You are not what other people think you are. You are what you think other people think you are.”
Terjemahan : “Kamu bukanlah apa yang kamu pikir tentang diri kamu. Kamu juga bukanlah apa yang orang lain pikir tentang diri kamu. Kamu adalah apa yang kamu pikir orang lain pikir tentang diri kamu.”
Gambar diri adalah gambaran yang kita bentuk dan kita percayai tentang diri kita. Sekalipun itu adalah hasil dari penilaian diri kita, tetapi penilaian tersebut sangat amat dipengaruhi oleh apa yang kita pikir adalah penilaian orang lain tentang diri kita. Karena itu gambar diri adalah sesuatu yang subyektif (tergantung siapa yang melihat). Mungkin saya melihat diri saya sebagai orang yang payah. Orang lain melihat saya belum tentu demikian. Tapi saya merasa bahwa orang lain melihat saya payah. Penilaian saya tentang diri saya menjadi benar (paling tidak buat saya) karena saya mempercayainya.
Gambaran diri adalah sikap seseorang terhadap tubuhnya secara sadar dan tidak sadar. Sikap ini mencakup persepsi dan perasaan tentang ukuran, bentuk, fungsi penampilan dan potensi tubuh saat ini dan masa lalu yang secara berkesinambungan dimodifikasi dengan pengalaman baru setiap individu (Stuart and Sundeen , 1991).
Sejak lahir individu mengeksplorasi bagian tubuhnya, menerima stimulus dari orang lain, kemudian mulai memanipulasi lingkungan dan mulai sadar dirinya terpisah dari lingkungan ( Keliat ,1992 ). Gambaran diri ( Body Image ) berhubungan dengan kepribadian.
Cara individu memandang dirinya mempunyai dampak yang penting pada aspek psikologinya. Pandangan yang realistis terhadap dirinya manarima dan mengukur bagian tubuhnya akan lebih rasa aman, sehingga terhindar dari rasa cemas dan meningkatkan harga diri (Keliat, 1992).

  Jika kita bercermin, kita akan melihat diri kita sendiri. Namun. sebenamya tanpa cerminpun kita mempunyai gambaran atau pandangan tentang diri kita. Gambaran ini tidak begitu berpengaruh pada penampilan kita, tetapi lebih pada keseluruhan kepribadian kita.Penilaian dan gambaran diri, kita dapatkan dari hasil pengamatan pada tingkah laku dan kejadian yang kita alami, disamping berdasarkan umpan balik dari reaksi lingkungan di sekitar kita.Gambaran diri yang telah terbentuk, biasanya akan kita pertahan¬kan dan tidak mudah berubah, baik yang positif maupun yang negatif. Oleh karena itu, pengalaman diri atau kesadaran sangat berguna. Dengan kata lain, kita harus lebih berusaha menyadari perasaan-perasaan kita, juga bagaimana tindak¬an kita dalam situasi tertentu, ataupun terhadap orang lain (Yeni suryani : 2009).


3.1.2.   Faktor- faktor Yang Mempengaruhi Gambaran Diri
Banyak Faktor dapat yang mempengaruhi gambaran diri seseorang, seperti, munculnya Stresor yang dapat menggangu integrasi gambaran diri. Stresor-stresor tersebut dapat berupa :
1.      Operasi.
Seperti : mastektomi, amputasi ,luka operasi yang semuanya mengubah gambaran     diri. Demikian pula tindakan koreksi seperti operasi plastik, protesa dan lain –lain.
2.      Kegagalan fungsi tubuh.
Seperti hemiplegi, buta, tuli dapat mengakibatkan depersonlisasi yaitu tadak mengkui atau asing dengan bagian tubuh, sering berkaitan dengan fungsi saraf.
3.      Waham yang berkaitan dengan bentuk dan fungsi tubuh
Seperti sering terjadi pada klie gangguan jiwa , klien mempersiapkan penampilan dan pergerakan tubuh sangat berbeda dengan kenyataan.
4.                                                                                          Tergantung pada mesin.
Seperti : klien intensif care yang memandang imobilisasi sebagai tantangan, akibatnya sukar mendapatkan informasi umpan balik engan penggunaan lntensif care dipandang sebagai gangguan.
5.                                                                                          Perubahan tubuh berkaitan
Hal ini berkaitan dengan tumbuh kembang dimana seseorang akan merasakan perubahan pada dirinya seiring dengan bertambahnya usia. Tidak jarang seseorang menanggapinya dengan respon negatif dan positif. Ketidakpuasan juga dirasakan seseorang jika didapati perubahan tubuh yang tidak ideal.
6.      Umpan balik interpersonal yang negative
Umpan balik ini adanya tanggapan yang tidak baik berupa celaan, makian sehingga dapat membuat seseorang menarik diri.
7.      Standard sosial budaya.
Hal ini berkaitan dengan kultur sosial budaya yang berbeda-setiap pada setiap orang dan keterbatasannya serta keterbelakangan dari budaya tersebut menyebabkan pengaruh pada gambaran diri individu, seperti adanya perasaan minder.

            Gambaran diri dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain: kebutuhan, kepekaan tubuh dan bahasa tubuh, konflik yang dialami, kritik, motivasi, peran, perasaan, kepercayaan diri, prasangka, rasa takut, tingkah laku, dan umpan balik (Yeni suryani,2009).


3.2.  PERUBAHAN GAMBARAN DIRI

            3.2.1.  Pengertian  Perubahan Gambaran Diri

            Perubahan gambaran diri adalah sikap individu terhadap tubuhnya baik secara sadar maupun tidak sadar,meliputi:performance,potensi tubuh,fungsi tubuh,serta persepsi dan perasaan tentang ukuran dan bentuk tubuh.Hal-hal penting yang terkait dengan perubahan gambaran diri sebagai berikut:
  1. Fokus individu terhadap fisik lebih menonjol pada usia remaja.
  2. Bentuk tubuh,TB dan BB serta tanda-tanda pertumbuhan kelamin sekunder(mamae,menstruasi,perubahan suara,pertumbuhan bulu,menjadi perubahan gambaran diri.
  3. Cara individu memandang diri berdampak penting terhadap aspek psikologis.
  4. Gambaran yang realistic terhadap menerima dan menyukai bagian tubuh,akan memberi rasa aman dalam menghindari kecemasan dan meningkatkan harga diri.
  5. Individu yang stabil,realistik dan konsisten terhadap perubahan gambaran dirinya,dapat mendorong sukses dalam kehidupan.

3.2.2.  Tanda Dan Gejala Perubahan Gambaran Diri

Beberapa gangguan pada gambaran diri tersebut dapat menunjukan tanda dan gejala, seperti :
1.      Syok Psikologis.
 Syok Psikologis merupakan reaksi emosional terhadap dampak perubahan dan dapat terjadi pada saat pertama tindakan.syok psikologis digunakan sebagai reaksi terhadap ansietas. Informasi yang terlalu banyak dan kenyataan perubahan tubuh membuat klien menggunakan mekanisme pertahanan diri seperti mengingkari, menolak dan proyeksi untuk mempertahankan keseimbangan diri.
2.      Menarik diri.
Klien menjadi sadar akan kenyataan, ingin lari dari kenyataan , tetapi karena tidak mungkin maka klien lari atau menghindar secara emosional. Klien menjadi pasif, tergantung , tidak ada motivasi dan keinginan untuk berperan dalam perawatannya.
3.      Penerimaan atau pengakuan secara bertahap.
Setelah klien sadar akan kenyataan maka respon kehilangan atau berduka muncul. Setelah fase ini klien mulai melakukan reintegrasi dengan gambaran diri yang baru.

 Tanda dan gejala dari gangguan gambaran diri di atas adalah proses yang adaptif, jika tampak gejala dan tanda-tanda berikut secara menetap maka respon klien dianggap maladaptif sehingga terjadi gangguan gambaran diri yaitu :
1.      Menolak untuk melihat dan menyentuh bagian yang berubah.
2.      Tidak dapat menerima perubahan struktur dan fungsi tubuh.
3.      Mengurangi kontak sosial sehingga terjadi menarik diri.
4.      Perasaan atau pandangan negatif terhadap tubuh.
5.      Preokupasi dengan bagian tubuh atau fungsi tubuh yang hilang.
6.      Mengungkapkan keputusasaan.
7.      Mengungkapkan ketakutan ditolak.
8.      Depersonalisasi
9.      Menolak penjelasan tentang perubahan tubuh.

BAB IV
PEMBAHASAN IDEAL DIRI



4.1.  IDEAL DIRI

            4.1.1.  Pengertian Ideal Diri

Ideal diri adalah persepsi individu tentang bagaimana ia harus berperilaku berdasarkan standart, aspirasi, tujuan atau penilaian personal tertentu (Stuart and Sundeen ,1991). Standart dapat berhubungan dengan tipe orang yang akan diinginkan atau sejumlah aspirasi, cita-cita, nilai- nilai yang ingin di capai . Ideal diri akan mewujudkan cita-cita, nilai-nilai yang ingin dicapai. Ideal diri akan mewujudkan cita– cita dan harapan pribadi berdasarkan norma sosial (keluarga budaya) dan kepada siapa ingin dilakukan .
Ideal diri mulai berkembang pada masa kanak–kanak yang di pengaruhi orang yang penting pada dirinya yang memberikan keuntungan dan harapan pada masa remaja ideal diri akan di bentuk melalui proses identifikasi pada orang tua, guru dan teman.
Agar individu mampu berfungsi dan mendemonstrasikan kecocokan antara persepsi diri dan ideal diri. Ideal diri ini hendaknya ditetapkan tidak terlalu tinggi, tetapi masih lebih tinggi dari kemampuan agar tetap menjadi pendorong dan masih dapat dicapai (Keliat, 1992).

4.1.2.  Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Ideal Diri

Menurut Ana Keliat ( 1998 ) ada beberapa faktor yang mempengaruhi ideal diri yaitu:
  1. Kecenderungan individu menetapkan ideal pada batas kemampuannya.
  2. Faktor budaya akan mempengaruhi individu menetapkan ideal diri.
  3. Ambisi dan keinginan untuk melebihi dan berhasil, kebutuhan yang realistis, keinginan     untuk mengklaim diri dari kegagalan, perasan cemas dan rendah diri.
  4. Kebutuhan yang realistis.
  5. Keinginan untuk menghindari kegagalan .
  6. Perasaan cemas dan rendah diri.

4.2.  GANGGUAN IDEAL DIRI
4.2.1.  Pengertian Gangguan Ideal Diri

Gangguan ideal diri adalah ideal diri yang terlalu tinggi, sukar dicapai dan tidak realistis ideal diri yang samar dan tidak jelas dan cenderung menuntut. Pada klien yang dirawat di rumah sakit karena sakit maka ideal dirinya dapat terganggu. Atau ideal diri klien terhadap hasil pengobatan yang terlalu tinggi dan sukar dicapai.

4.2.2.  Tanda Dan Gejala Gangguan Ideal Diri

  1. Mengungkapkan keputusan akibat penyakitnya, misalnya : saya tidak bisa ikut ujian karena sakit, saya tidak bisaa lagi jadi peragawati karena bekas operasi di muka saya, kaki saya yang dioperasi membuat saya tidak main bola.
  2. Mengungkapkan keinginan yang terlalu tinggi, misalnya saya pasti bisa sembuh pada hal prognosa penyakitnya buruk; setelahsehat saya akan sekolah lagi padahal penyakitnya mengakibatkan tidak mungkin lagi sekolah.

BAB V
PEMBAHASAN HARGA DIRI


5.1.  HARGA DIRI

            5.1.1.  Pengertian Harga Diri

Pengertian harga diri menurut beberapa para ahli:
  1. Menurut Coopersmith (Gilmore, 1974)
harga diri adalah:“….self esteem is a personal judgement of worthiness that is a personal that is expressed in attitude the individual holds toward himself. Pendapat ini menerangkan bahwa harga diri merupakan penilaian individu terhadap kehormatan dirinya, yang diekspresikan melalui sikap terhadap dirinya.

  1. Buss (1973)
memberikan pengertian harga diri sebagai penilaian individu terhadap dirinya sendiri, yang sifatnya implisit dan tidak diverbalisasikan.

  1. Menurut Raymond Tambunan, Psi.
Harga diri itu sendiri mengandung arti suatu hasil penilaian individu terhadap dirinya yang diungkapkan dalam sikap-ikap yang dapat bersifat positif dan negatif.

  1. Keliat B.a (1992)
Harga diri adalah penilaian tentang pencapaian diri dengan menganalisa seberapa jauh perilaku sesuai dengan ideal diri.




5.1.2.  Cara Meningkatkan Harga Diri
Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan harga diri pada remaja, seperti yang dikemukakan oleh Dariuszky (2004), yaitu :
1.      Berikan perhatian secara pribadi disaat mereka membutuhkan. Mendengarkan perkataannya dengan seksama, tetap menatapnya dan memperlihatkan bahwa kita memahami apa yang dirasakannya. Dengarkan tanpa memberikan penilaian dan tidak perlu mengkomentarinya.
2.      Perlihatkan kasih sayang dalam bentuk ucapan maupun tindakan; dengan tersenyum hangat dan berikan sentuhan.
3.      Berikan pujian secara spesifik dengan memberitahukan bahwa kita menyukai apa yang dilakukannya.
4.      Jelaskan apa yang baik dan tidak baik dari ucapannya maupun tindakannya.
5.      Lakukan sesuatu yang khusus supaya dapat memuaskan kebutuhan atau memintanya dalam hal tertentu.
6.      Jelaskan dan tegaskan bakat istimewa yang dimilikinya.
7.    Hargai prestasi baiknya mulai dari yang sederhana dengan senyum dan pujian.
            5.1.3.  Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Harga Diri
            Faktor-faktor yang melatarbelakangi harga diri yaitu :
  1. Pengalaman
            Pengalaman merupakan suatu bentuk emosi,tindakan,perasaan,dan kejadian yang pernah dialami individu yang dirasakan bermakna dan meninggalkan kesan dalam hidup individu.

2.      Pola asuh
           Pola Asuh merupakan sikap orang tua dalam berinteraksi dengan anak-anakya  meliputi cara orang tua memberikan aturan-aturan,hadiah maupun hukman,dan cara orang tua memberikan perhatiannya serta tanggapan terhadap anaknya.

3.      Lingkungan
Lingkungan memberikan dampak besar melalui hubungan dengan lingkungan sekitar sehingga menimbulkan rasa aman dan nyaman dalam penerimaan social dan harga diri seseorang

  1. Sosial ekonomi
Merupakan suatu yang mendasari perbuatan seseorang untuk memenuhi dorongan social yang memerlukan dukungan financial yang berpengaruh pada kehidupan hidup sehari-hari. (Coopersmith, dalam Burn, 1998).


   5.2.  HARGA DIRI RENDAH

            5.2.1.  Pengertian Harga Diri Rendah

            Harga diri rendah merupakan evaluasi diri dari perasaan tentang diri atau kemampuan diri yang negatif baik langsung maupun tidak langsung. Pendapat senada dikemukakan oleh Carpenito, L.J (1998:352) bahwa harga diri rendah merupakan keadaan dimana individu mengalami evaluasi diri yang negatif mengenai diri atau kemampuan diri. Dari pendapat-pendapat diatas dapat dibuat kesimpulan, harga diri rendah adalah suatu perasaan negatif terhadap diri sendiri, hilangnya kepercayaan diri,dan gagal mencapai tujuan yang diekspresikan secara langsung maupun tidak langsung, penurunan harga diri ini dapat bersifat situasional maupun kronis atau menahun. Terjadinya Harga Diri Rendah dipengaruhi oleh  faktor  Menarik diri pada seseorang.

            5.2.2.  Terjadinya Harga Diri Rendah :

Faktor Penyebab Timbulnya Menarik Diri pada Seseorang, yaitu :
            Faktor Predisposi.
            Berbagai teori telah diajukan untuk menjelaskan gangguan alam perasaan yang parah, teori ini menunjukkan rentang faktor-faktor penyebab yang mungkin bekerja sendiri atau dalam kombinasi:
a.       Faktor genetik
Dianggap mempengaruhi transmisi gangguan afektif melalui riwayat keluarga atau keturunan.
b.      Teori agregasi menyerang kedalam menunjukkan bahwa depresi terjadi karena perasaan marah yang ditujukan kepada diri sendiri.
c.       Teori kehilangan objek, merujuk kepada perpisahan traumatik inividu dengan benda atau yang sangat berarti.
d.      Teori organisasi kepribadian, menguraikan bagaimana konsep diri yang negatif dan harga diri rendah mempengaruhi sistem keyakinan dan penilaian seseorang.
e.       Model Kognitif menyatakan bahwa depresi merupakan masalah kognitif yang didominasi oleh evaluasi negatif seseorang terhadap diri seseorang, dunia seseorang dan masa depan seseorang.
f.       Metode ketidakberdayaan yang dipelajari, menunjukkan bahwa bukan semata-mata trauma menyebabkan depresi, tetapi keyakinan bahwa seseorang tidak mempunyai kehendak terhadap hasil yang penting dalam kehidupannya, oleh karena itu dia mengulang respon yang adaptif.
g.      Model Biologik, menguraikan perubahan kimia dalam tubuh yang terjadi selama masa depresi, termasuk defisiensi ketokolamin, disfungsi endokrin, hipersekresi kortisol, dan variasi periodik dan irama biologis.

            5.2.3.  Tanda dan Gejala Harga Diri Rendah

1)      Perasaan malu terhadap diri sendiri akibat penyakit dan tindakan terhadap penyakit(rambut botak karena terapi)
2)      Rasa bersalah terhadap diri sendiri(mengkritik/menyalahkan diri sendiri)
3)      Gangguan hubungan sosial(menarik diri)
4)      Percaya diri kurang(sukar mengambil keputusan)
5)      Mencederai diri(akibat dari harga diri yang rendah disertai harapan yang suram, mengkit klien akan mengakhiri kehidupannya)


BAB VI
PEMBAHASAN IDENTITAS DIRI


6.1.        IDENTITAS DIRI

6.1.1.  Pengertian Identitas Diri

Pengertian identitas diri menurut para ahli:
1.      Stuert dan Sudeen (1991) : Identitas diri adalah kesadaran akan diri sendiri yang bersumber dari observasi danm penilaian yang merupakan  sintesa dari semua aspek konsep diri sendiri sebagai satu kesatuan yang utuh.
2.      Menurut Keliat (1992) : seseorang yang mempunyai perasaan identitas diri yang kuat akan yang memandang dirinya berbeda dengan orang lain. Kemandirian timbul dari perasaan berharga (aspek diri sendiri), kemampuan dan penyesuaian diri. Seseorang yang mandiri dapat mengatur dan menerima dirinya. Identitas diri terus berkembang sejak masa kanak-kanak bersamaan dengan berkembangan konsep diri. Hal yang terpenting dalam identitas adalah jenis kelamin.

Dimana identitas jenis kelamin berkembang sejak lahir secara bertahap dimulai dengan konsep laki-laki dan wanita dipengaruhi oleh pandangan dan perlakuan masyarakatterhadap masing-masing jenis kelamin tersebut.

6.1.2. Ciri – ciri Identitas Diri Positif
1.      Membantu seseorang untuk  mampu mengenal dirinya
2.      Mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang
3.      Memiliki peran diberbagai aspek
4.      Mampu menerangkan dan meneguhkan siapa diri seseorang yang sebenarnya
5.      Merupakan sintesa dari semua aspek konsep diri
6.      Memiliki perasaan yang kuat
7.      Berkembang sejak masa kanak-kanak
8.      Memiliki Otonomi
9.      Memiliki persepsi
Karakteristik identitas diri dapat dimunculkan dari perilaku dan perasaan seseorang, seperti:
1.      Individu mengenal dirinya sebagai mahluk yang terpisah dan berbeda dengan orang lain.
2.      Individu mengakui atau menyadari jenis seksualnya.
3.      Individu mengakui dan menghargai berbagai aspek tentang dirinya, peran, nilai dan perilaku secara harmonis.
4.      Individu mengakui dan menghargai diri sendiri sesuai dengan penghargaan lingkungan sosialnya.
5.      Individu mempunyai tujuan yang dicapai dan direalisasikan.
6.      Individu yang mempunyai ideal diri yang realitas akan mempunyai tujuan yang dapat dicapai.

6.2.        GANGGUAN IDENTITAS DIRI

6.2.1.  Pengertian Identitas Diri

Gangguan identitas diri adalah suatu proses perkembangan yang timbul pada masa kanak-kanak, masa remaja dan berlanjut pada masa dewasa. Keadaan ini merupakan pola perilaku yang tertanam dalam dan berlansung lama, muncul sebagai respon yang kaku terhadap rentangan situasi pribadi dan sosial yang luas.
Sedangkan gangguan identitas kekaburan atau ketidakpastian memandang diri sendiri. Penuh dengan keraguan-raguan, sukar menetapkan keinginan dan tidak mampu mengambil keputusan pada klien yang dirawat di rumah sakit karena penyakit fisik maka identitas terganggu karena tubuh klien di kontrol oleh orang lain. Misalnya, pelaksanaan tindakan tanpa penjelasan dan persetujuan klien. Ketergantungan pada orang lain akan menyebabkn otonomi atau kemandirian terganggu.

6.2.2.  Tanda dan Gejala Gangguan Identitas Diri

      Anak belajar tentang nilai, perilaku dan peran yang diterima sesuai kultur. Anak mengidentifikasi pertama kali dengan orang tua, dengan guru, teman seusia dan pahlawan pujaan. Untuk membentuk identitas, anak harus mampu membawa perilaku yang dipelajari ke dalam keutuhan yang koheren, konsisten,dan unik (Erikson, 1963). Rasa identitas ini secara kontinu timbul dan di pengaruhi oleh situasi sepanjang hidup.
      Selama masa remaja, tugas emosional utama seseorang adalah perkembangan rasa diri atau identitas. Banyak terjadi perubahan fisik, emosional, kognitif, dan social. Jika remaja tidak dapat memenuhi harapan dorongan diri pribadi dan social yang membantu mereka mengidentifikasikan tentang diri, maka remaja ini dapat mengalami kebingungan identitas. Seseorang dengan rasa identitas yang kuat, akan merasa terintegrasi bukan terbelah (Erikson, 1963).
BAB VII
PEMBAHASAN PERAN


7.1.  PERAN

7.1.1.  Pengertian Peran

Peran diri adalah pola perilaku,sikap,nilai dan aspirasi yang diharapkan individu Setiap individu disibukkan oleh berbagai macam peran yang terkait dengan posisinya pada setiap saat, selama ia masih hidup, misalnya peran sebagai anak, istri, suami, ayah, mahasisiwa, perawat, dokter,dosen,dll (Sunaryo, 2004).
Berdasarkan posisinya di masyarakat. Kinerja peran didefinisikan sebagai keadaan dimana seorang individu mengalami atau beresiko mengalami suatu gangguan dalam caranya menerapkan kinerja perannya. (Carpenito, Lynda Juall, Diagnosa keperawatan edisi 8 ).
Atau Peran adalah suatu pola sikap, nilai dan tujuan yang diharapkan dari seseorang yang berdasarkan posisinya dimasyarakat. Sementara untuk posisi tersebut merupakan identifikasi dari status atau tempat seseorang dalam suatu sistim sosial dan merupakan perwujudan aktualisasi diri. Peran juga diartikan sebagai serangkaian perilaku yang diharapkan oleh lingkungan sosial berhubungan dengan fungsi individu dalam berbagai kelompok sosial.

7.1.2.  Penampilan Peran

Penampilan peran adalah serangkaian perilaku yang diharapkan oleh lingkungan sosial berhubungan dengan fungsi individu diberbagai kelompok sosial atau masyarakat. Peran yang ditetapkan adalah peran dimana seseorang tidak mempunyai pillihan. Peran yang diterima adalah peran yang terpilih atau dipilih oleh individu .


            7.1.3.  Faktor – faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Peran

Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menyesuaikan diri dengan peran yang harus dilakukan, yaitu :
1.                                                                              Kejelasan perilaku dan pengetahuan yang sesuai dengan peran
2.                                                                              Konsistensi respon . orang yang berarti terhadap peran yang dilakukan
3.                                                                              Kesesuaian dan keseimbangan antar peran yang diemban
4.                                                                              Keselarasan budaya dan harapan individu terhadap perilaku peran
5.                                                                              Pemisahan perilaku.


7.2.  PERUBAHAN PERAN

7.2.1.  Pengertian Perubahan Peran

Perubahan peran merupakan suatu proses perpindahan suatu peran dilakukan secara mendadak , dimana perubahan peran ini dapat terjadi dan menimbulkan suatu peran yang sangat berbeda dengan peran yang lain atau bisa sangat bertolak belakang dengan peran semula atau yang sering kita sebut dengan peran protagonist antagonis. Perubahan peran ini sangat berperan dalam kehidupan sehari – hari agar terjadi suatu proses komunikasi antar individu dengan komunitas yang lain. (Lynda juall carpenito, Diagnosa keperawatan.Edisi 8).

7.2.2.  Tanda dan gejala

Perubahan peran mempunyai beberapa tanda dan gejala anatara lain:
  1. Perannya berbeda dengan peran yang seperti semula
  2. adanya perubahan sikap yang lazim dinampakkan dengan interaksi lingkungannya.
  3. Perannya dapat diamati dengan pengamatan verbal maupun nonverbal ketika melihat langsung seseorang melakukan suatu perubahan peran.
  4. Adanya ketidaknyamanan yang ditunjukkan oleh individu yang melakukan perubahan peran karena tidak sesuai dengan peran yang selalu ia mainkan seperti semula atau sedia kala.
  5. Interaksinya terlihat kaku karena perannya sangat baru dan adanya suatu kebingungan dalam diri individu tersebut.

7.2.3.  Konflik peran

Konflik peran terjadi apabila peran yang diinginkan individu, sedang diduduki individu lain, misalnya; ada individu ingin menjadi ketua BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa ), namun belum ada pergantian ketua BEM yang lama. Konflik peran berhubungan dengan persepsi atau kinerja peran. Diagnosa keperawatan ini telah menjadi suatu sub kategori dibawah gangguan konsep diri. Contoh; Jika seorang wanita tidak dapat melanjutkan tangguang jawabnya sebagai ibu rumah tangga karena penyakit dan tanggung jawab ini ditangani oleh anggota keluarga lain, situasi yang mungkin timbul akan lebih baik bila digambarkan sebagai resiko terhadap gangguan konsep diri yang berhubungan dengan kehilangan peran tangung jawab sekunder akibat penyakit, dari resiko terhadap kerusakan penatalaksanaan pemeliharaan rumah yang berhubungan dengan kurang pengetahuan dari anggota keluarga. Bila gangguan peran berkaitan dengan menjadi orang tua, konflik peran orang tua harus dipertimbangkan.(Sunaryo, 2004).

Hal-hal penting terkait dengan peran:
*      Peran dibutuhkan individu sebagai aktualisasi diri.
*      Peran yang memenuhi kebutuhan dan sesuai ideal diri, menghasilkan harga diri yang tinggi atau sebaliknya.
*      Posisi individu di masyarakat dapat menjadi stresor terhadap peran.
*      Stress peran timbul karma struktur sosial yang menimbulkan kesukaran atau tuntutan posisi yang tidak mungkin dilaksanakan.
*      Stress peran terdiri dari; konflik peran, peran yang tidak jelas, peran yang tidak sesuai dan peran yang terlalu banyak.

Peran yang tidak jelas, terjadi apabila individu diberikan peran yang kabur, sesuai perilaku yang diharapkan. Misalnya individu ditetapkan sebagai ketua panitia, tetapi tidak disertai uraian tugas apa yang ia harus lakukan atau kerjakan.(Sunaryo, 2004)
Peran yang tidak sesuai, terjadi apabila individu dalam proses peralihan mengubah nilai dan sikap. Misalnya seseorang yang masuk anggota organisasi profesi keperawatan, terdapat konflik antara sikap dan nilai individu dengan profesi.(Sunaryo, 2004)
Peran berlebih, terjadi jika seseorang individu memiliki banyak peran dalam kehidupannya. Misalnya sebagai istri, perawat, sebagai mahasisiwa, sebagai ketua PKK, dan sebagai ibu dari anak-anaknya.(Sunaryo, 2004)

7.2.4.  Transisi peran

Peran sebagai perubahan dari satu peran ke peran lainnya mungkin dilakukan oleh individu dalam masyarakat. Hal tersebut dikarenakan ego seorang individu yang muncul ketika keberadaannya dalam suatu masyarakat dipertanyakan ("Ah, main bola khan permainannya rakyat, mending gue yang mantan model banci ini ikut-ikutan main bola ah, biar orang-orang tidak menjuluki gue banci lagi, sekalian bisa ngeliat bodi seksi teman-teman di tim bolanya gue!") namun karena adanya konsep diri yang pasti ("Ah, bodi gue khan atletis dan juga terawat karena gue rajin fitnes, pelatih pasti nganggap gue anak emasnya!") membuat pentransisian peran tersebut cenderung dilakukan oleh individu dalam masyarakat yang dihuni oleh kelompok manusia yang beragam kebudayaannya (Golongan perempuan; "Wow, gantengnya pemain bola itu…aih…hati-hati, jangan sampai jatuh dan kotor di lapangan ya, eh…jahatnya, lawannya kok mencuri bolanya si ganteng seeh!’) tanpa memikirkan lagi tujuan dari individu tersebut dalam bertransisi peran..(Elizabeth B. Hurlock, 1990)
Masyarakat sebagai pengawas tindakan individu yang dianggap menyimpang dari norma-norma yang ada ( Hukum, agama, kesusilaan ) dalam pentransisian perannya memegang peranan yang penting karena individu-individu dalam masyarakat tersebut memiliki kebudayaan dan kegiatan (Bersifat Independen) sehingga efektif untuk ’meluruskan’ pentransisian peran individu yang dianggap ’membengkok’("Ah, koruptor tu sok-sokan main bolanya, pakai kostum dab bergaya a la pemain bola favorit gue lagi, sialan loe!!!").Dalam hal ini pun hendaknya masyarakat bisa memberikan sanksi yang pasti terhadap pentransisian peran yang telah dianggap salah tadi. (Elizabeth B. Hurlock, 1990)

BAB VIII
PENUTUP

7.1. KESIMPULAN

1.      Konsep diri mulai terbentuk dan berkembang begitu manusia lahir.
2.      Konsep diri merupakan faktor bawaant tapi dibentuk dan berkembang melalui proses belajar yaitu dari pengalaman-pengalaman individu dalam interaksinya dengan orang lain.
3.      Konsep diri adalah kesadaran akan pandangan, pendapat, penilaian dan sikap seseorang terhadap dirinya sendiri yang meliputi fisik, diri pribadi, diri keluarga, diri sosial dan juga etika.
4.      Komponen-komponen konsep diri menurut Hurlock (1976) terbaga atas 3.
5.      Faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri ada 7.
6.      Cita-cita diri adalah keinginan untuk mencapai sesuatu tujuan atau keinginan pribadi dan itu sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.
7.      harga diri merupakan penilaian individu terhadap kehormatan dirinya, yang diekspresikan melalui sikap terhadap dirinya.
8.      Harga diri itu sendiri mengandung arti suatu hasil penilaian individu terhadap dirinya yang diungkapkan dalam sikap-sikap yang dapat bersifat positif dan negatif.
9.      Ada 4 kata yg sangat tepat untuk menggambarkan apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan harga diri dan membangkitkan lebih dlm kepercayaan / penghormatan diri  yaitu hidup dengan penuh kesadaran.
10.  Ideal diri adalah persepsi individu tentang bagaimana ia harus berprilaku berdasarkan standar, aspirasi, tujuan atau penilaian personal tertentu.
11.  Ideal diri mulai berkembang pada masa kanak-kanak yang dipengaruhi orang yang penting pada dirinya yang memberikan keuntungan dan harapan pada masa remaja.
12.  Ideal diri terbentuk melalui proses identifikasi pada orang tua, guru & teman.
13.  Gambaran diri adalah gambaran yang kita bentuk dan kita percayai tentang kita, sekalipun itu adalah hasil dari penilaian diri kita, tetapi penilaian tersebut sangat dipengaruhi oleh apa yang kita pikirkan adalah penilaian orang lain tentang kita.
14.  Gambaran diri adalah sikap seseorang terhadap tubuhnya secara sadar dan tidak sadar.sikap ini mencangkup persepsi dan perasaan tentang lingkungan , bentuk, fungsi penampilan dan potensi tubuh kita saat ini.
15.  Faktor yang mempengaruhi gambaran diri seseorang sangat banyak.
16.  Gambaran diri yang telah terbentuk biasanya akan dipertahankan dan tidak mudah berubah baik positif maupun negative.
17.  Gambaran dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain : kebutuhan, kepekaan tubuh, bahasa tubuh, konflik yang dialami, kritik, motivasi, peran, perasaan, kepercayaan diri, prasangka, raasa takut, tingkah laku dan umpan balik.
18.   Identitas adalah kesadaran akan diri sendiri yang bersumber dari observasi dan penilaian yang merupakan sintesa dari semua aspek konsep diri sendiri sebagai satu kesatuan yang utuh.
19.  Identitas jenis kelamin berkembang sejak lahir secara bertahap dimulai dengan konsep laki-laki dan wanita banyak dipengaruhi oleh pandangan dan perlakuan masyarakat terhadap masing-masing jenis kelamin tersebut. perasaan dan prilaku yang kuat akan indentitas diri individu
20.  Gangguan identitas diri adalah suatu proses perkembangan yang timbul pada masa kanak-kanak, masa remaja, dan berlanjut pada masa dewasa.
21.  Peran diri adalah pola perilaku,sikap,nilai dan aspirasi yang diharapkan individu Setiap individu disibukkan oleh berbagai macam peran yang terkait dengan posisinya pada setiap saat, selama ia masih hidup, misalnya peran sebagai anak, istri, suami, ayah, mahasisiwa, perawat, dokter,dosen,dll
22.  Penampilan peran adalah serangkaian perilaku yang diharapkan oleh lingkungan sosial berhubungan dengan fungsi individu diberbagai kelompok sosial atau masyarakat. Peran yang ditetapkan adalah peran dimana seseorang tidak mempunyai pillihan. Peran yang diterima adalah peran yang terpilih atau dipilih oleh individu .
23.  Peruahan peran merupakan suatu proses perpindahan suatu peran dilakukan secara mendadak , dimana perubahan peran ini dapat terjadi dan menimbulkan suatu peran yang sangat berbea dengan peran yang lain atau bsa sangat bertola belakang dengan peran semula atau yang sering kita sebut dengan peran protagonist antagonis.
24.  Konflik peran terjadi apabila peran yang diinginkan individu, sedang diduduki individu lain.
25.  Konflik peran berhubungan dengan persepsi atau kinerja peran. Diagnosa keperawatan ini telah menjadi suatu sub kategori di bawah konsep gangguan diri.
26.  Peran sebagai perubahan dari satu peran ke peran lainnya mungkin dilakukan oleh individu dalam masyarakat. Hal tersebut dikarenakan ego seorang individu yang muncul ketika keberadaannya dalam suatu masyarakat dipertanyakan.
27.  Menarik diri adalah suatu keadaan pasien yang mengalami ketidakmampuan untuk mengadakan hubungan dengan orang lain atau dengan lingkungan disekitarnya secara wajar dan hidup dalam khayalan sendiri yang realistis.

7.2. SARAN

Demikianlah makalah yang kami susun ini, kesempurnaan hanya milik Allah SWT, sedangkan kekurangan selalu melingkupi makhluk-Nya, oleh karena itu kami sebagai penyusun makalah ini berharap atas saran yang dapat membuat makalah serta kami selaku tim penyusunnya menjadi lebih baik lagi.
            Atas kritik dan saran yang saudara berikan, kami haturkan rasa terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Ali, M & Asrori, M. 2004. Psikologi Remaja : Perkenbangan
Peserta Didik. Jakarta : Bumi Aksara.

Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia (Wahit Iqbal Mubarak, SKM dan N.s Nurul Chayatin, S.Kep)

Buku saku Diagnosa Keperawatan  edisi 8 ( Lynda Juall  Carpenito)

Hurlock,E.B. 1976. Personaality Development. New York: McGrawHill

Mappieare, A. 2002. Pengantar Konseling dan psikoterapi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Psikiatri Konsep Dasar dan Gangguan- Gangguan. Bandung: PT Refika Aditama.
Pudjijogyanti, CR. 1993. Konsep Diri dalam pendidikan. Jakarta: Arcan

Rahmat, J. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sumaryo.2004.Psikologi untuk keperawatan.Buku kedokteran EGC.Jakarta
Sumber : Sumber : www.google.com
jafeto.wordpress.com/2009/02/19/gambar-diri-2

library.usu.ac.id/download/fk/keperawatan-salbiah2.pdf

my.opera.com/yenisuryani/blog/citra-diri

qyonglee.multiply.com/journal/item/26

www.sinarharapan.co.id/ekonomi/mandiri/2002/101/man01.html

No comments:

Post a Comment